Penyebab Sembelit Saat Berpuasa

PENYEBAB DANSOLUSI SEMBELIT SAAT BERPUASA.

SAAT kebiasaan makan berubah, maka pencernaan pasti mengalami sembelit. Adakah sembelit juga berhubungan puasa? Lantas, makanan apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi sembelit?

Sembelit selama puasa adalah kondisi yang sangat normal. Untuk mencegahnya, tambahkan lebih banyak serat pada makanan sahur ataupun berbuka yang Anda santap.

Selain itu, minum cairan sebanyak mungkin di luar waktu berpuasa sehingga tubuh Anda tidak merasa perlu menghemat air lebih banyak untuk proses pencernaan. Ada baiknya, hindari teh dan kopi karena minuman berkafein ini bersifat diuretik ringan yang menyerap cairan tubuh, begitu juga tanin sehingga berpotensi memperburuk sembelit.

Tak hanya oleh puasa, sembelit juga bisa terjadi akibat pengaruh kehamilan, obat, diet yang tidak benar, ataupun perubahan gaya hidup. Berikut adalah beberapa pertanyaan beserta jawaban soal sembelit, seperti dibahas Sheknows.

Apa saja makanan terbaik untuk membantu meringankan sembelit?

Makanan berserat tinggi dan mengandung banyak air. Konsumsi makanan mengandung serat larut sehingga waktu transit di tubuh Anda lebih cepat, seperti sereal bekatul, roti gandum, kacang-kacangan dan biji-bijian, apel, dan kulit kentang.

Melissa Nodvin MS, RD/LD dari Health Ally merekomendasikan membuat perubahan kecil, tapi berarti bagi tubuh, seperti minum sedikitnya 8-9 gelas air sehari. Membuat jurnal makanan sehari-hari juga direkomendasikan Nodvin untuk mengidentifikasi penyebab sembelit.

Apakah prune (buah plum yang dikeringkan) dapat membantu menghilangkan sembelit?

Buah prune utuh dan jus prune tidak hanya sumber serat, kalium, dan vitamin A yang baik, tapi juga sumber signifikan dari sorbitol dan pabrik senyawa yang dipercaya memberi efek pencahar. Selain prune, buah lain dengan manfaat sama adalah kurma.

Anda dapat mengonsumsi prune dan kurma dengan cara mencampurkan potongan prune ataupun kurma ke sereal dan oatmeal, mengaduknya ke dalam adonan pancake atau muffin, atau dimakan langsung sebagai snack. Coba tambahkan jus prune ataupun kurma ke smoothie pisang untuk makan sahur bergizi.

Sudah konsumsi makanan sehat dan olahraga teratur, tapi kenapa kadang masih sembelit?

Karena sembelit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, penting untuk melihat gaya hidup Anda secara keseluruhan, termasuk aturan obat yang Anda konsumsi. Bicarakan dengan dokter dan apoteker untuk melihat apakah obat tersebut penyebab sembelit. Jadi, mereka bisa merekomendasikan obat baru, pencahar, atau pelunak feses.

Perubahan gaya hidup, jadwal yang tidak menentu, dan stres merupakan faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan sembelit.

“Stres merupakan salah satu faktor terbesar yang berkaitan dengan sembelit, jadi cobalah untuk mempelajari cara-cara untuk membatasi stres,“ saran Nodvin

Satu Tanggapan

  1. Yup! Sembelit jangan dibiarkan..
    Bisa menimbun penyakit karena tidak membuang racun/ sampah metabolisme secara total.

    Salam sehat buat admin & pembaca
    http://ginjalsehat.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s